Jalan-jalan Kota Tua

Hari Minggu tanggal 21 Juni 2009 kemarin, beberapa Kojakers mengikuti acara Jalan-jalan Kota Tua dalam rangka Hari Ulang Tahun Jakarta.  Kegiatan tersebut diikuti oleh Chic, Joey, Wiwiek dan Oelpha.

Kami berkumpul di Lapangan Museum Fatahillah sekitar pukul 8 pagi untuk dibagi-bagi per kelompok. Banyak juga ternyata peserta jeng-jeng hari itu. Tak berapa lama kami pun mulai jalan-jalan melihat-lihat gedung-gedung artistik dan kuno di sana mulai dari bekas kantor, bekas gedung pemerintahan, gedung merah yang dulu bekas toko, jembatan kota intan, hotel Batavia, tempat dugem bernama Athena yang kami kira merupakan tempat dugem dari jaman baheula – abis ada tulisan 1927-nya, sampe rumah yang digunakan untuk syuting Ayat-ayat Cinta (kata pemandunya sih begituuuuuu…).

kota tua

Ternyata perjalanan keliling Kota Tua itu melelahkan.. jauh boooooo…😆 Begitu kami tiba kembali ke lapangan museum Fatahillah, kami memutuskan untuk tidak mengikuti lanjutan jalan-jalannya dan memilih istirahat mengisi energi di situ. Kebetulan di arena situ sedang ada pameran-pemeran kebudayaan betawi dan stand-stand museum-museum yang ada di Jakarta.

Ketika lagi asik makan dan beristirahat, Chic mendapat pesan di YM dari Hari, blogger asal Semarang yang ternyata baru pindah kerja ke Jakarta dan pengen ikut kopdar di Kota Tua. Setelah selesai mengisi energi, kami pun memutuskan untuk jalan-jalan sendiri ke Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri sekaligus menunggu kedatangan Hari.

Tujuan pertama kami adalah Museum Bank Indonesia, yang kabarnya tempatnya sophisticated banget. Pintu depannya sih emang keren. Masuknya juga gratis. Sayangnya pada saat itu beberapa bagian museum tersebut sedang direnovasi sehingga kami pun tidak bisa melihat-lihat banyak. Cuma bisa berkunjung ke entah-apa-namanya tapi kami bisa bermain menangkap-nangkap koin virtual yang kalo berhasil ditangkap akan memunculkan informasi mengenai si koin itu sendiri, ruang pameran, dan ruang bioskop di mana kami disuguhi film dokumenter mengenai proses percetakan dan distribusi uang.

Museum BI

Tak berapa lama Hari datang bergabung bersama kami. Karena tidak puas jalan-jalan di Museum Bank Indonesia, kami pun memutuskan melihat-lihat isi Museum Bank Mandiri. Untuk nasabah Bank Mandiri, masuk ke museum ini gratis, cukup menunjukan kartu atm atau kartu kredit keluaran Bank Mandiri. Tapi kalo pun tidak punya, HTMnya hanya Rp. 2000,- kok.

Museum Bank Mandiri ternyata luas. Menyimpan berbagai macam benda kuno perbankan yang digunakan oleh Bank Mandiri dari jaman dahulu kala sampe sekarang, termasuk mempertahankan bentuk asli dari bangunan bank itu sendiri. Jadi kita bisa melihat bekas tempat yang digunakan sebagai tempat transaksi, tempat rapat dan lain sebagainya.

museum bank mandiri

Puas jalan-jalan di Museum, kami kemudian memutuskan wisata kuliner dengan makan masakan Palembang di daerah Casablanka. Tepatnya di restoran Sari Sanjaya. Di sini bergabung Nikenmakki dan Ina. Berhubung capek jalan-jalan, kami pun segera memesan segala jenis makanan mulai dari es kacang merah, pindang patin, pempek, tekwan, model, mie celor, lenggang, pempek panggang sampe otak-otak…. Enaaaaaaak…

pempek

Eh ayo kopdar Museum lagi.. Ternyata banyak museum-museum di Jakarta yang keren dan terlalu sayang untuk dilewatkan…

19 Responses to “Jalan-jalan Kota Tua”

1. 1 cK Juli 1, 2009 pukul 13:38

cih, pagi sih… [-(

2. 2 -GoenRock- Juli 1, 2009 pukul 13:41

Huahahah! Saya ndak bisa bangun pagi!👿

3. 3 oelpha Juli 1, 2009 pukul 13:42

ayo jalan-jalan lagiiiiiiiiiiiiiiii!!! (dance)

4. 4 obi1thejedi Juli 1, 2009 pukul 13:43

Ayo ke museum! Tinggalkan mall! \m/

5. 6 niken Juli 1, 2009 pukul 13:59

ahahahah..aku tak ikut yang pagi tapi tetep ikut yang siang..:D

6. 7 Chic Juli 1, 2009 pukul 14:07

yuuuuks ke museum lagi
    masak bangun pagi aja ga bisa..
    kaliyan pengmalas!!!👿
    *seret-seret chika dan goenrock*

7. 8 waterbomm Juli 1, 2009 pukul 14:18

*bantu seret chika ma goengrock*

yey… museum emang keren!!!

*tetep gak bisa bangun pagi*

8. 9 warm Juli 1, 2009 pukul 14:18

horeeee .. jalan-jalannn, makan-makann ..

9. 10 nh18 Juli 1, 2009 pukul 17:03

beuh …
    Ini chiC nih …

kok nongol disini …
    hehehe
    bener-bener seleblog nih …

10. 11 didut Juli 1, 2009 pukul 18:15

wogh HARRY sudah menjajah JKT!!!!

11. 12 Chic Juli 2, 2009 pukul 10:33

@nh18

ahahahahahahaha Opaaaa… ayo kita kopdaaaar:mrgreen:

12. 13 dita.gigi Juli 2, 2009 pukul 21:53

waktu itu perasaan pengen ikut deh… kenapa gag jadi yah… *berfikir keras*

13. 14 Sigit Kurniawan Agustus 5, 2009 pukul 09:18

wah, bagaimana caranya bisa ngikut jalan-jalannya? Ha ha ha.🙂 salam kenal. Undang-undang ya kalo mo ada acara lagi. Sok pede nih!🙂

14. 15 Kurotsuchi Agustus 10, 2009 pukul 00:17

..errr…
    caranya gabung bgimana?
    nyong baru nih…😳

15. 18 ondecity network blog Oktober 28, 2010 pukul 09:48

kalo ada nih bs dsiunsdangn g ya?